Tentang Liverpool Football Club

TENTANG LIVERPOOL FC

Boleh jadi Liverpool FC adalah tim sepakbola yang paling sukses di dunia. Bagaimana tidak, mereka berhasil mengidentikkan diri dengan begitu hebatnya terhadap olahraga sepakbola. Terutama sepakbola Inggris dengan Premier Leaguenya yang menjadi tayangan bergengsi di TV seluruh dunia. Sampai-sampai banyak orang berseloroh bahwa 2 hal yang akan diingat jika membicarakan Inggris Raya adalah, The Beatles dan Liverpool FC.

Tapi tak banyak orang tahu tentang sejarah Liverpool FC yang kini menjelma menjadi salah satu raksasa sepakbola dunia ini. Kisah berliku, heroik, kegagalan-kegagalan, krisis keuangan juga sarat mewarnai klub berjulukan THE REDS ini. Adalah manajer LFC saat itu bernama, Bill Shankly yang mengidekan memakai warna merah untuk semua identitas klub mereka.

Untuk sekedar informasi, Liverpool tidak lahir dengan proses yang rumit dan serius, Liverpool lahir di tahun 1892 saat pemilik stadion Anfield kebingungan karena tim Everton FC tidak mau lagi menggunakan stadion tersebut sebagai markas mereka. Maka si pemilik stadion Anfield John Houlding pada Maret 1892 resmi mendirikan klub tersebut.

Prestasi Liverpool hingga saat ini adalah 18 kali juara liga Inggris, 7 piala FA, 7 kali piala Liga, 5 kali juara Champions Eropa (terbanyak untuk klub dari Inggris). Keunikan lainnya, Liverpool FC punya sejarah duel klasik tersendiri dengan tim sekotanya Everton FC yang dinamai Derby Merseyside.

Fans fanatik Liverpool menamakan diri mereka Liverpudlian, dengan lagu mars mereka You’ll Never Walk Alone. Sejarah kelam tentang fans pernah menghantam Liverpool FC sebanyak 2 kali yaitu tragedi Hillsborough dan tragedy Heysel yang berakibat tim Liverpool tidak diperbolehkan untuk mengikuti kompetisi diluar Inggris selama beberapa tahun.

Banyak sekali bintang sepakbola yang bersinar bersama Liverpool FC, sebut saja Steven Gerrard, Michael Owen, Luis Suarez, Ian Rush, Jamie Redknapp, Paul Ince, Steve McManaman, Robbie Fowler,  dan banyak lagi lainnya. Yang pasti akan mengingatkan kita kepada tim Liverpool FC dan liga Inggris.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: