Tugas Softskill II Organisasi dan Metode

Pertanyaan :

  1. Apa yang harus dilakukan para perusahaan-perusahaan dalam melakukan persaingan bisnis dalam era globalisasi dan adakah strategi-strategi tertentu untuk memenangkan persaingan bisnis ini?

Jawab :

Persaingan bisnis dalam era globalisasi yang diwarnai dengan ketidakstabilan pasar, menuntut prusahaan untuk memiliki keunggulan kompetitif baik dalam hal harga maupun kualitas. Untuk mengatasinya, perusahaan dituntut meelakukan kerjasama dalam sumber daya atau kompetensi yang dibutuhkan masing-masing perusahaan dalam menghasilkan kebutuhan sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen melalui manajemen rantai pasokan (supply chain management ). Selain itu, melalui kerjasama antar perusahaan diharapkan proses inovasi dapat ditingkatkan.

Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan Agile supply chain memberikan suatu alternative strategi dalam memenangkan persaingan global dengan berbasis competitive excellence yaitu fokus konsumen, kualitas, dan agility yang didukung kompetensi perusahaan seperti keterlibatan konsumen, manajemen persediaan, teknologi, pengembangan produk, dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

 

 

 

  1. Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perusahaan-perusahaan agar dapat lebih unggul dari perusahaan yang lainnya?

Jawab :

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perusahaan-perusahaan agar dapat lebih unggul dari perusahaan yang lainnya adalah kerjasama antar perusahaan, diperlukannya adopsi teknologi informasi, pernaikan kinerja secara terus menerus, mendengarkan suara pelanggan, kepercayaan dan komitmen terhadap perusahaan-perusahaan yang menjalin kerjasama, dan sebagainya.

Teknologi informasi merupakan salah satu faktor terpenting dalam melakukan persaingan bisnis di era globalisasi, karena infrastruktur teknologi informasi yang terintegrasi akan menurunkan biaya terkait dengan biaya pemeliharaan, manajemen, operasional dan mendukung pencapaian keunggulan kompetitif melalui perbaikan real time respon. Penggunaan sistem informasi dalam aktivitas nilai memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan diferensiasi untuk mencapai keunggulan kompetitif.

 

 

 

  1. Agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lainnya para perusahaan-perusahaan yang ada harus memilik keunggulan kompetitif. Bagaimana caranya perusahaan bisa mendapatkan keungulan kompetitif tersebut?

Jawab :

Untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan dalam kondisi bisnis saat ini, perusahaan harus mencari dan mengimplementasikan strategi terbaik untuk aktivitas bisnis mereka tanpa mengabaikan pesaing mereka. Keunggulan kompetitif dapat dicapai jika perusahaan memiliki produktivitas tinggi, artinya jika perusahaan memproduksi pada volume lebih tinggi sehingga biaya produksi rata-rata dapat dikurangi, sementara biaya tetap nilainya tetap, maka total biaya yang akan ditanggung oleh perusahaan akan lebih rendah. Maka dari itu penggunaan teknologi informasi akan memperbaiki pelayanan konsumen dalam hal penyediaan informasi tentang produk, pelayanan, dan informasi sangat diperlukan dalam kondisi persaingan bisnis saat ini.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: