Tugas 3 Softskill Organisasi dan Metode

Pertanyaan :

  1. Apa yang dimaksud dengan e-commerce? Jelaskan peran serta fungsinya!

Jawab : E-commerce merupakan pengunaan teknologi internet untuk mengelola proses bisnis, seperti penjualan dan pembelian,rantai pasok, dan hubungan dengan konsumen. Melalui aplikasi e-commerce memungkinkan perusahaan menggunakan internet untuk memperbaiki proses bisnisnya  dan memiliki lebih banyak dan luas mitra bisnis maupun vendor.

Aplikasi e-commerce berperan dalam mendefinisikan kembali nilai jejaring bisnis atau rantai nilai yang memudahkan perusahaan dalam mempengaruhi pasar. Keuntungan aplikasi e-commerce menurut Kathandaraman dan Wilson (2001),  1) memperluas pangsa pasar perusahaan dan kesempatan untuk meraih konsumen potensial,  2) memungkinkan perusahaan untuk menurunkan biaya pemeliharaan persediaan fisik karena waktu yang dibutuhkan dalam proses pemesanan lebih pendek dan dapat memperbaiki tingkat respon sistem dan menurunkan persediaan,  3) Biaya pelayanan konsumen lebih rendah karena konsumen dapat secara langsung mengakses spesifikasi kebutuhan mereka dan memesannya melalui web,  4) spesifikasi maupun harga pengenalan produk baru atau pengembangan produk yang sudah ada dapat secara mudah diakses melalui web-server.

  1. Apa alasan utama dibangunnya hubungan antar perusahaan dalam suatu jejaring bisnis berbasis koordinasi?

Jawab : Ada dua alasan utama dibangunnya hubungan antar perusahaan dalam suatu jejaring bisnis berbasis koordinasi adalah:  1) untuk menghadapi perbedaan antar produk dalam jejaring bisnis yang berbeda yang mempengaruhi konsumen dan untuk melengkapi sistem bersaing satu sama lain. 2) untuk meningkatkan efesiensi dan strategi yang efektif sehingga tidak berdampak negatif pada kualitas dan reabilitas produk.

  1. Apa definisi dari learning Network ?

Jawab : learning networks didefinisikan sebagai suatu jejaring bisnis formal yang dibentuk dengan  tujuan utama meningkatkan pengetahuan dan kapabilitas untuk melakukan sesuatu. Klob and Fry (1975) menjelaskan bahwa proses pembelajaran dapat dipandang sebagai siklus proses yang mencakup kombinasi pengetahuan, refleksi, formasi dan eksperimen konsep.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: