Sistem manajemen dalam keluarga

Manajemen dalam keluarga

 

Keluarga merupakan unit terkecil di dalam masyarakat yang terdiri dari beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan karena mempunyai hubungan darah.

Setiap keluarga pasti mempunyai sistem manajemen sendiri. Manajemen di dalam keluarga berfungsi untuk mengatur pola hidup keluarga itu sendiri.

 

          Di dalam keluarga saya terdapat suatu manajemen yang masing-masing anggota keluarga mempunyai tugas/fungsi yang berbeda-beda. Setiap anggota keluarga juga mempunyai hak dan kewajiban yang harus dijalankan. Orang tua mempunyai fungsi yang cukup berat dalam keluarga. Misalnya: Mengatur pengeluaran dalam keluarga, mendidik anak-anaknya, member nafkah keluarga,dll.

 

Contohnya keluarga saya yg mempunyai Orang tua dan 4 orang anak. Dalam hal ini ayah saya yang mempunyai tugas melindungi dan memberi nafkah keluarga. Kemudian ,ibu saya yang mempunyai tugas mengatur segala sesuatu yang terjadi dirumah karena ibu saya adalah ibu rumah tangga. Sedangkan saya dan adik-adik saya mempunyai tugas untuk belajar dan berbakti kepada orang tua karena saya dan adik-adik saya masih berstatus sebagai pelajar .

 

Sistem ini saling berkaitan satu sama lain ,jika tidak maka sistem ini pun tidak akan berjalan. Jadi, kesimpulannya adalah Manajemen keluarga merupakan manajemen yang terkecil yang masing-masing anggota mempunyai peranan yang saling berkaitan satu sama lain dan jika ada salah satu anggota yang tidak menjalankan perannya maka manajemen dalam keluarga itu pun tidak akan berjalan dengan baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: