Subkultur Mods

Subkultur Mods

Tahukah anda tentang logo lingkaran biru dan lingkaran merah ditengahnya?  Asal tahu aja, itu sebenarnya adalah logo angkatan Royal Air Force (RAF), Angkatan Udara Inggris. Logo itu dan bendera Union Jack sempat booming di tahun ’60-an. Sering digunakan sebagai fashion items yang menggambarkan kebanggaan anak muda Inggris pada negerinya. Belakangan, logo itu digunakan juga sebagai symbol Mods.


 Sejarah Subkultur Mods

Mods adalah suatu subkultur yang terjadi di Inggris pada akhir tahun 1950-an sampai pertengahan tahun 1960-an .Awalnya subkultur ini dipengaruhi oleh para penggemar musik modern jazz ,subkultur ini juga dipengaruhi oleh pemuda Inggris dari kaum kelas pekerja dan kelas menengah ke bawah .Gaya hidup ini meliputi musik, fashion, dan skuter . Pada waktu itu kaum pemuda Inggris ini tergila – gila dengan setelan jas yang pas di tubuh dan musik modern jazz dan R&B .

Biasanya kaum Mods ini punya gaya yang sangat mencolok . Contohnya mereka sering menggunakan jaket Parka ,adalah semacam jaket/ jas yang panjangnya sampai ke dengkul. Selain menahan angin, fungsi utama dari jaket ini adalah untuk melindungi pakaian mahal yang mereka kenakan di . Kemudian mereka sering menggunakan skuter sebagai kendaraan mereka .

 

Musik

            Mods juga terpengaruh oleh musik seperti soul, modern jazz, ska, dan R&B . Salah satu band Mods era awal yang beken dan jadi omongan sampai sekarang adalah The Who. Band ini sering dituding sebagai band palingberpengaruh bagi band-band yang muncul di seluruh dunia, sesudahnya.Band yang terbentuk di Inggris pada tahun 1964 ini awalnya digawangi oleh Pete Townshend (gitaris), Roger Daltrey (vokalis), John Entwistle (bassis) and Keith Moon (drummer). Formasi ini dianggap sebagai formasi tersolid dari band yang saat ini diperkuat juga oleh Zachary Starkey, anak Ringo Starr, drummer The Beatles itu.

Selain dua nama di atas, masih ada band-band yang bisa dijadiin referensi dari masa itu. Sebut aja Georgie Fame, the Animals, The Yardbirds, The Kinks, dan The Spencer Davis Group, The Action, Zool Money dan The Creation. Meskipun tongkrongannya rapi, jangan pikir kalo anak-anak Mods ini juga kalem-kalem. Kayak yang udah disebutin di awal, anak-anak mods ini punya musuh bebuyutan. Yaitu geng Rockers. Rockers identik dengan jakel kulit dan sepeda motor. Musik yang mereka dengarkan lebih ke band-band rockabilly dan rock n’ roll.

Skuter

Kaum Mods identik dengan skuter ,biasanya bermerk Vespa atau Lambretta karena alat transportasi ini dinilai murah . Karena pada malam hari kendaraan umum di Inggris saat itu tidak ada yang beroperasi hingga larut malam . Skuter buatan italia ini biasanya dipakai sebagai alat transportasi dan juga sebagai transportasi yang mendukung gaya hidup mereka yang sering hang out di klub’ hingga tengah malam .

Ada yang menarik dengan skuter yang dipakai kaum mods ini , jumlah kaca spion yang terpasang bisa mencapai puluhan. Ini merupakan bentuk perlawanan mereka terhadap peraturan pemerintah Inggris yang mengharuskan kendaraan roda dua untuk memasang setidaknya 1 kaca spion saat itu.

Film

Setelah lama kaum Mods tidak mucul hadirlah film yang menggambarkan subkultur Mods  . Film yang diberi judul sama dengan judul album The Who pada tahun 1973, Quadrophenia, ini ceritanya menggambarkan subkultur Mods lewat kacamata seorang penganutnya yang bernama Jimmy. Di situ digambarkan segala kebiasaan kaum Mods. Naik skuter dan pake baju rapi ke mana-mana, klabing di klab mewah padaha) duit cekak, plus berantem sama Rockers. Film ini sempat di kritik habis-habisan oleh pengamat film saat itu. Dianggap udah nggak relevan lagi sama nilai-nilai di masyarakat. Namun kenyataan berkata lain. Tanpa diduga-duga, film ini justru membangkitkan kembali gairah anak muda Inggris dan menaikkan kembali pamor Mods yang sebenarnya sudah turun banget saat itu.

Pendek kata, setelah film ini, hadirlah Mods gelombang kedua atau biasa disebut era Mods revivalist Meskipun sebenarnya film ini hanyalah pemantik akhir dari bangkitnya Mods Revival ini. Bau-bau kehadiran kembali Mods ini sebenernya udah dimulai saat Great British Music Festival yang digelar di Wembley pada tahun 1978.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: